RSS
Facebook
Twitter

Senin, 29 Agustus 2011

Perbedaan Windows 2000 dengan Windows XP

Perbedaan Windows 2000 dengan Windows XP
Dalam sejarah pembuatan OS windows, microsoft mengembangkan Windows NT untuk tujuan networkking dan server, sementara untuk User, microsoft mengeluarkan windows 3.1. Selanjutnya, windows 3.1 berkembang menjadi Windows 95/98/ME sementara WindowsNT versi terakhir adalah NT4.1.
Windows ME terkenal karena ketidakstabilannya dan mudah error, sedangkan Windows NT tangguh karena memang dirancang untuk server.
Microsoft memadukan kemudahan GUI Windows 98 dan core Windows NT maka dikeluarkanlah Windows 2000. Windows 2000 sangat terkenal karena mampu dijadikan sebagai server yang handal dan juga GUI yang lebih mudah dipahami daripada pesaingnya saat itu seperti Linux, Solaris.
Perkembangan hardware meningkat, sehingga memungkinkan perancang lebih mengedepankan tampilan GUI dan membuat OS yang sangat user friendly, oleh karena itu dikembangkan lah Windows XP (NT5.1) yang kita kenal saat ini.
Windows 2000 masih digunakan saat ini untuk keperluan server oleh beberapa ribu pengguna karena dinilai masih layak untuk dijadikan server walaupun OS ini sudah tak mendapat support (update) dari Microsoft lagi.
Windows XP yang lebih user-friendly terkenal karena kestabilannya serta manajemen hardware yang lebih baik. Selain itu Windows XP memiliki dukungan kuat dari developer software sehingga microsoft pun mengulangi suksesnya seperti pada windows 95/98.
Jadi Perbedaannya:
1. Windows 2000 (atau win 2000 server) adalah sistem operasi yang lebih ditujukan untuk server karena berbasiskan windows NT secara langsung, sementara Windows XP ditujukan lebih ke user. Walaupun demikian Microsoft mengeluarkan update untuk OS server yang dinamakan Windows 2003 server dan 2008 server.
2. Windows XP lebih banyak mengonsumsi RAM karena tampilan yang bagus sementara Windows 2000 masih menggunakan skin default windows classic.
3. Program program sistem windows 2000 dapat dijalankan pada XP sementara Program-program yang dirancang khusus untuk XP belum tentu jalan di windows 2000

1 komentar:

Design Downloaded from Free Website Templates Download | Free Textures | Web Design Resources